Hai Selamat Pagi teman-teman, ketemu lagi dengan saya Hatta, owner blog Klik Agen Asuransi Allianz ini. Terima kasih banget sudah menyempatkan waktunya untuk mengunjungi blog saya ini.

Kali ini saya akan kembali melanjutkan serial tulisan saya dalam tema yang pertama, yaitu tentang Pandangan Negatif Tentang Asuransi di Mata Nasabah. Dimana sebelumnya saya sudah menuliskan 2 pandangan negatif saya (dulu) tentang asuransi.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan kisah pengalaman saya dulu saat saya selalu berpikiran negatif mengenai asuransi. Saya mencatatnya ada 9 alasan. Nah sekarang akan saya bagikan alasan yang ke-3 nya.
------------------------------------------
Bagi yang belum baca, silakan baca dulu :
Bagian Prolog --> KLIK DISINI
Bagian Ke-1 --> KLIK DISINI
Bagian Ke-2 --> KLIK DISINI
------------------------------------------

Siap menyimak yaaaa?

Alasan ke-3 saya mengapa dulu saya selalu berpikir negatif mengenai asuransi adalah : "Dalam pikiran saya, Asuransi Itu Identik Dengan yang namanya SAKIT, KECELAKAAN dan KEMATIAN"

Ya, setiap saya diprospek oleh teman-teman dari berbagai macam asuransi, termasuk salah satunya adalah Agen Asuransi Allianz, dalam memprospek selalu saja yang diomongkan tidak jauh-jauh dari kata-kata SAKIT, KECELAKAAN atau KEMATIAN"

Contohnya gini nih :

"Mas Hatta, kalo Mas Hatta ikut asuransi ini, kalo nanti mas hatta sakit dan menjalani rawat inap di rumah sakit, maka Mas Hatta berhak dapat pertanggungan sebesar sekian juta rupiah...."

"Lalu, kalo nanti tiba-tiba Mas Hatta mengalami kecelakaan dan mengakibatkan cacat tetap, nanti Mas Hatta berhak dapat uang pertanggungan sebesar sekian juta rupiah..."

"Atau kalau nanti tiba-tiba Mas Hatta (maaf), Mati, nanti ahli waris Mas Hatta akan langsung dapat uang pertanggungan dari asuransi sekian milyar rupiah...!!!"

Bagi Anda yang sering diprospek sama Agen Asuransi setidaknya pasti sudah familiar mendengar kalimat atau kata-kata yang redaksionalnya seperti yang saya contohkan dalam tiga kalimat diatas. Betul atau betul..???

Hehehe, saya yakin pasti betul deh, ngaku aja......


Yup, saya harus jujur mengatakan kalau kalimat-kalimat seperti itulah yang seringkali malah membuat ilfil orang yang sedang diprospek. Lha gimana gak ilfil, yang namanya orang hidup itu kan pengennya selalu sehat, sehat dan sehat. Sebisa mungkin jauh-jauh dari kata sakit ataupun opname rumah sakit.

Lha ini, setiap kali diprospek sama Agen Asuransi, entah saat itu menawari produk Asuransi Jiwa Allianz, Asuransi Kesehatan Allianz, ataupun Asuransi Pendidikan Allianz, ujung-ujungnya ada saja yang membahas mengenai tiga hal tadi : SAKIT, KECELAKAAN dan KEMATIAN.

Itulah yang akhirnya membuat stigma negatif dalam otak saya, bahwa yang namanya asuransi itu selalu saja identik dengan yang namanya sakit, kecelakaan dan kematian. Titik!

Orang yang diprospek malah seakan-akan dibuat takut dengan yang namanya SAKIT, KECELAKAAN dan KEMATIAN. Huuuuufffttt...!!! Shiiiiittt...!!!

"Orang asuransi itu orang edan. Yang namanya orang hidup itu pengennya bisa sehat, bugar dan bisa beraktifitas dengan normal. Eh lha ini malah ditakut-takuti dengan sakit, kecelakaan dan kematian melulu."

Saya yakin sekali, diantara Anda yang membaca blog saya 
Klik Agen Asuransi Allianz ini, salah satu atau salah duanya pasti ada yang memiliki pemikiran yang sama yang saya pikirkan tersebut, yaitu : Asuransi Identik Dengan Sakit, Kecelakaan dan Kematian"

Sebenarnya memang itu tidak salah sih. Hanya saja memang perlu menggunakan cara lain atau menyampaikannya dengan bahasa yang lain agar orang yang diprospek itu tidak merasa ditakut-takuti dengan yang namanya sakit, kecelakaan dan kematian.

Bahkan bila diprospek dengan bahasa yang lain, yang justru menyadarkan betapa pentingnya kita mengingat di kala kemungkinan kita akan sakit, adanya resiko kecelakaan, dan resiko kematian yang siap datang kapan saja, itu bisa membuat si calon nasabah malah 'ngeh'.

Ya, memang itulah salah satu stigma negatif yang dulu mengendap dalam pikiran saya, bahwa asuransi itu selalu identik dengan sakit, kecelakaan dan kematian. Namun seiring berjalannya waktu dengan bentuk pemahaman yang lain (reframing), ternyata justru asuransi itu menyenangkan dibutuhkan.

Nah nanti pada saatnya akan saya tuliskan sendiri. Tunggu saja pada tulisan saya yang tema kedua.

Siiipp, tungguin tulisan saya yang selanjutnya yaa..

[ BERSAMBUNG BAGIAN KE-4 ]

Salam Allianz,

Hatta N Adhy PK, ST
No. HP : 0823 289 80000
Pin BB : 73CF8D93
Email : sangproklamator@yahoo.com